Indosat Ooredoo meningkatkan konektivitas untuk mendukung UMKM yang dinamis

banner 468x60
Foto: Indosat.

Konektivitas telekomunikasi mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di perkotaan dan terpencil. Irma Suryati, misalnya, mengandalkan kartu telepon Mentari untuk memudahkan komunikasi dan menyalurkan penjualan on line. Irma merupakan seorang pengusaha UKM sekaligus pendiri Mutiara Handycraft yang berlokasi di Desa Karangsari, Kebumen, Jawa Tengah. “Saya menggunakan kartu telepon Mentari Indosat, saya setia menggunakan kartu Indosat dan tidak pernah berganti kartu sejak mulai menggunakannya,” kata Irma saat dihubungi. SWA online pada Senin (6/11/2023).

Produk Mutiara Handycraft berupa keset karakter, tas goni, daster perca dan lain-lain. Produk Irma diekspor ke Malaysia, Jepang, Australia, dan Uni Emirat Arab. Tahun lalu rata-rata penjualan ekspor berkisar Rp 800 juta per bulan. Produk yang diekspor sebanyak 20.000 sign mat bagian-bagian setiap bulan.

banner 336x280

Irma mengoptimalkan perangkatnya untuk berkomunikasi dengan konsumen di berbagai wilayah dan negara agar produknya laris manis. Kartu Mentari yang dimasukkan ke dalam perangkat Irma merupakan perangkat seluler yang diandalkan untuk berkomunikasi dan bertransaksi bisnis. “Pengalaman saya menggunakan Mentari Indosat semakin memudahkan dalam berkomunikasi pembeli “Di luar negeri dan membantu saya berkomunikasi di daerah dan pulau terpencil, misalnya saat saya di Dumai yang berbatasan dengan Malaysia, dan pulau terpencil di Kalimantan,” kata Irma menceritakan pengalamannya.

Lanjut ke Dusun Pasir Putih di Karawang, ada pula Iin Inani yang menggunakan kartu IM3 untuk berjualan olahan berbahan dasar kepiting. Iin mempromosikan dan mendistribusikan produk kuliner dari 15 usaha kecil menengah di desanya. Lokasi desa ini hanya berjarak sepelemparan batu dari kawasan pantai Pasir Putih di Karawang, Jawa Barat dan dikenal sebagai sentra makanan laut termasuk kepiting.

Iin dipercaya oleh perempuan pegiat UMKM di desanya untuk mendorong penjualan di platform digital termasuk Shopee dan WhatsApp. “Kami sudah punya toko on line di shopee namanya Kedai UMKM Pasir Putih. “Kami juga menjual produk kami melalui WhatsApp dan rata-rata penjualannya Rp 4 juta setiap bulannya,” kata Iin yang dipercaya sebagai Ketua UMKM Gapoktan Pantai Barokah Pasir Putih yang beranggotakan 15 UMKM.

IM3 dan Mentari merupakan produk yang dijual oleh PT Indosat Tbk (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison. Irma memuji jaringan telekomunikasi Indosat yang mendukung kegiatan usahanya. Menurut Irma, kartu telepon Indosat juga digunakan oleh mitra usaha yang bekerja sama dengan Mutiara Handycraft. “Dampak penggunaan kartu Indosat berdampak pada peningkatan hubungan bisnis dan penjual “Mutiara Handycraft juga banyak yang menggunakan kartu telepon Indosat,” kata Irma yang dianugerahi Penghargaan Satya Lencana Bakti Sosial oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2019.

(kanan) Irma Suryati, penyandang disabilitas dan pendiri Mutiara Handycraft di Kebumen, Jawa Tengah. (Foto: Istimewa).

Irma, yang menjadi penyandang disabilitas akibat virus polio, memiliki keterbatasan gerak karena ditopang oleh kursi roda dan kruk. Namun perempuan kelahiran 1975 ini bergerak lincah dan adaptif untuk memaksimalkan teknologi dan informasi yang menggerakkan bisnis. Apalagi saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada tahun 2020-2022.

Ia mengubah arah produksi masker kain yang ia jual melalui jalur digital. Kini, wabah virus corona hampir tidak pernah terdengar lagi. Irma terus membuat matras karakter dll. Produknya juga dijual di jejaring sosial. Akibatnya, Irma dkk. mereka mengandalkan koneksi internet yang lancar. “Signal Indosat membantu saya dan staf mempromosikan produk Mutiara Handycraft di Facebook, Instagram, TikTok, signal Bukan “Tidak pernah lambat,” kata Irma, yang mempekerjakan 300 penyandang disabilitas. Irma biasanya menggunakan paket Freedom Unlimited dan Freedom Internet Indosat Ooredoo Hutchison.

Infrastruktur telekomunikasi Diperluas

Dalam hal konektivitas tanpa batas, manajemen Indosat memperluas jaringan dan infrastruktur telekomunikasinya untuk menyediakan layanan yang andal (keunggulan layanan) kepada konsumen. Vikram Sinha, Direktur Utama & CEO Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan perseroan berkomitmen menerapkan strategi terbaik Pergi ke pasar terencana dan berorientasi pada penyampaian sebuah pengalaman yang luar biasa konsumen. “Hal ini memungkinkan kami mencapai tujuan yang lebih besar yaitu menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia melalui percepatan transformasi digital,” kata Vikram dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Senin (30/10/2023).

Vikram menjelaskan rencana perseroan menyediakan jaringan komunikasi di Pulau Kalimantan dan Sulawesi. “Kami akan membuat jaringan fiber optik untuk memberikan pengalaman menarik kepada konsumen,” kata Vikram. Langkah Indosat dalam mempercepat ekspansi dan inovasi akan didukung oleh pendanaan internal dan eksternal.

Dalam kesempatan tersebut, Nicky Lee Chi Hung, CFO Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan perseroan sedang mempertimbangkan berbagai opsi penggalangan dana dari perbankan dan obligasi guna mendukung pembiayaan yang digunakan untuk ekspansi di periode mendatang. Manajemen perseroan mengapresiasi bank-bank yang telah bermitra dengan Indosat untuk memberikan pembiayaan ekspansi tersebut.

Dalam hal ekspansi, perseroan membangun infrastruktur jaringan di luar Pulau Jawa, salah satunya Nusa Tenggara, dan mendukung pemasaran hingga pelosok Indonesia. “Kami menjual jaring di area tersebut,” kata Nicky. Kemudian Indosat mengeluarkan belanja modal (belanja modal)senilai Rp 7,7 triliun per September tahun ini. Angka tersebut mencapai 70% dari total biaya investasi tahun ini sebesar Rp 13 triliun. Dana tersebut digunakan untuk mempertajam fokus perusahaan dalam membangun jaringan di wilayah timur Indonesia. “Capex yang dilaksanakan sudah mencapai 70% dan digunakan untuk dana investasi,” kata Nicky.

Komitmen Indosat dalam memberikan pengalaman digital kelas dunia terus berlanjut melalui penawaran produk yang sederhana dan transparan serta perluasan jaringan. Ini berfokus pada pelanggan berkualitas tinggi dan meluncurkan penawaran digital baru untuk meningkatkan konsumsi pengguna.

Untuk mendukung hal tersebut, Indosat memperluas jaringan dan infrastruktur telekomunikasinya. ISAT telah bertugas sejak kuartal ketiga tahun ini stasiun pemancar dan penerima pangkalan (BTS) 4G berjumlah 172.115 unit, meningkat 34,9% dari 127.557 unit pada periode yang sama tahun lalu. Pada periode tersebut, jumlah BTS 5G Indosat sebanyak 90 unit atau tetap sama dibandingkan kuartal III tahun lalu.

Jumlah BTS Indosat mulai September 2023

Sumber: Indosat.

Ketersediaan BTS, mengutip data Asosiasi Pengembang Infrastruktur dan Menara Telekomunikasi (Aspimtel) yang dipublikasikan pada Maret 2023, menyebutkan peran menara telekomunikasi sangat penting dalam membangun konektivitas ekonomi digital, khususnya dalam menghadapi era 5G.

Penambahan dan ketersediaan BTS Indosat bertujuan untuk mempercepat transformasi digital seiring dengan berkembangnya jaringan 4G, khususnya di wilayah timur Indonesia seperti wilayah Nusa Tenggara, untuk memperluas inklusi digital dan membuka peluang tanpa batas. Vikram mengatakan jaringan Indosat menjangkau lebih dari 80% penduduk di seluruh Nusa Tenggara, dengan penambahan jaringan pemancar (halaman), yang meningkatkan kapasitas internet seluler hingga dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Indosat terus memperluas jaringannya ke daerah-daerah pedesaan yang kurang terlayani di Indonesia bagian timur untuk menjembatani kesenjangan digital. Indosat juga telah menjalin kemitraan baru dengan International Telecommunication Union (ITU) dan Digital Transformation Centers Initiative (DTCI) untuk memperkuat literasi digital dan memfasilitasi pelatihan keterampilan digital bagi komunitas terpencil dan kurang terlayani di Indonesia.

Emiten telekomunikasi yang sahamnya dikontrak oleh ISAT ini juga telah menjalin kemitraan baru dengan Cisco untuk memperkenalkan kursus pelatihan keamanan siber Cisco Networking Academy ke dalam program pelatihan IDCamp Indosat yang sukses setiap tahunnya. Indosat optimis bisnis berperan penting dalam menciptakan dunia yang lebih baik dan berkelanjutan. Indosat juga terus mengembangkan berbagai inisiatif lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG).

Perusahaan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi emisi dan konsumsi energi, termasuk melalui pemasangan panel surya, baterai yang efisien, dan fesyen sel tidur di seluruh jaringan BTS, serta memperkuat program tanggung jawab sosial seperti IDCamp dan SheHacks untuk memperluas inklusi dan kesetaraan digital.

Indosat juga secara aktif memperkuat sistem privasi dan perlindungan datanya untuk memastikan memenuhi standar tertinggi dan sejalan dengan komitmen perusahaan untuk menjadi yang terbaik. Sementara pendapatan ISAT pada kuartal III 2023 mencapai Rp37,4 triliun atau meningkat 8,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan pendapatan Indosat didorong oleh berbagai lini bisnis mulai dari Seluler, MIDI, dan Fixed Telecom.

Kombinasi pertumbuhan pendapatan dan optimalisasi biaya meningkatkan EBITDA (keuntungan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi). sebesar 24%, menjadi Rp 17,4 triliun per tahun dan menghasilkan margin EBITDA sebesar 46,6% pada Januari-September 2023.

Indosat meraih laba bersih sebesar Rp 2,7 triliun, mencetak rekor baru dengan membukukan laba bersih positif selama sebelas kuartal berturut-turut. Harga saham ISAT awal tahun hingga 6 November 2023 (dari hari ini) melonjak 58,09% atau menjadi Rp9.525. “Kami optimis berada di jalur yang tepat untuk mentransformasikan Indosat dari sebuah perusahaan tubuh untuk menjadi techcodan memimpin transformasi digital dalam industri. “Dengan semangat Gotong Royong, kami akan melanjutkan perjalanan tanpa batas dalam memberdayakan Indonesia dan mendukung Indonesia menjadi yang terdepan dalam perjalanan transformasi digital di kawasan Asia Tenggara,” kata Vikram.

Untuk mendukung UKM, Indosat telah menjalin kemitraan strategis dengan Google untuk meluncurkan layanan Layanan komunikasi yang kaya (RCS) Berita bisnis pertama di Indonesia. RCS adalah protokol perpesanan dengan beragam fitur di luar yang ditawarkan oleh layanan pesan singkat (layanan pesan singkat/SMS), mulai dari kemampuan membaca struk, berbagi dokumen hingga foto beresolusi tinggi.

Fungsi RCS Business Messaging ini akan memperkaya layanan SMS aplikasi per orang (A2P) Indosat sebelumnya hanya diperbolehkan mengirimkan SMS pesan singkat ke pelanggan. Sekarang layanan ini termasuk merek dan verifikasi bisnis, saran balasan, dan kartu pesan carousel untuk memberikan pengalaman yang aman, nyaman, dan menarik bagi konsumen bagi dunia usaha khususnya UKM yang berkesempatan menggunakan saluran baru ini.

Layanan pesan instan telah menjadi platform populer bagi orang-orang untuk berinteraksi dengan teman, keluarga, mitra bisnis, dan pelanggan. Sebanyak 88% konsumen di seluruh dunia mencari produk yang dapat diakses melalui aplikasi perpesanan, dan 77% konsumen lebih berinisiatif untuk bertransaksi ketika mereka dapat mengakses informasi melalui aplikasi perpesanan. “Melalui RCS Business Message yang pertama kali diluncurkan di Indonesia, UMKM dapat memanfaatkan saluran ini untuk meningkatkan jangkauan bisnisnya dan memberikan pengalaman yang bernilai tambah. “Hal ini merupakan bagian dari misi kami untuk terus menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” kata Vikram dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (2 November 2023).

Tan Bee Loon, Kepala Pengembangan Bisnis Produk Komunikasi (Asia) pada Google mengatakan kolaborasi ini juga akan membantu banyak usaha kecil dan menengah di Indonesia mempercepat upaya transformasi digital dan mempercepat transformasi digital Indonesia secara keseluruhan.



Quoted From Many Source

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *